Beranda > Excel > EXCEL TIPS & TRICKS : HITUNG UMUR DENGAN FUNGSI “DATEDIF”

EXCEL TIPS & TRICKS : HITUNG UMUR DENGAN FUNGSI “DATEDIF”


Calendar MSO ClipArt

Calendar MSO ClipArt

Beberapa waktu lalu saya pernah posting artikel tentang formula excel yang kompleks … salah satu contohnya adalah bagEmana menghitung umur antara dua tanggal … sebenarnya ketika bikin  artikel tersebOt saya lupa2 ingEt tentang fungsi yang seperti itu … tapi saya coba cari2 di daPtar fungsi excel ndak nemu2 jugaK

setelah saya ubek2 file2 saya, ternyata saya lupa kalO dulu pernah belajar tentang fungsi DATEDIF … fungsi ini cukup aneh karena saya ndak menemukannnya dalEm daPtar fungsi2 bawan excel saat saya ceKlik Insert >> Function … silahkan anda coba di excel anda , adakah fungsi ini??? … saya cari di help jugak ndak ada … tapi kenyataanya fungsi ini bisa jalan padahal semua add-in ndak saya aktiPkan …  :?

fungsi DATEDIF akan menghitung selisih antar dua tanggal … hasilnya dapEt anda pilih dalEm satuan/unit yang angda pengEn … function argumentsnya sebagE berikOt :

DATEDIF(tanggal_awal;tanggal_akhir;unit/satuan_yang_kita_pengEn)

unit/satuan yang bolE digunakan sebagE berikOt :

Kode Satuan Keterangan
Y tahun menghitung jumlah selisih tahun penuh (12 bulan ) antara dua tanggal
M bulan menghitung jumlah selisih bulan penuh antara dua tanggal
D hari menghitung jumlah selisih hari antara dua tanggal
MD hari menghitung jumlah selisih hari antara dua tanggal dengan mengabaikan bulan dan tahun
YM bulan menghitung jumlah selisih bulan penuh antara dua tanggal dengan mengabaikan tahun
YD hari menghitung jumlah selisih hari antara dua tanggal dengan mengabaikan tahun

unit/satuan “Y” ( year ), akan menghitung jumlah selisih tahun penuh (12 bulan ) antara dua tanggal

misal tanggal awal dalam cell A1=05/06/2007 dan tanggal akhir dalam cell A2 = 02/03/2009

=DATEDIF(A1;A2;“y”)

akan menghasilkan 1 , kenapa satu ? karena untuk tahun ke-2 tidak penuh 12 bulan … hanya dari 5 Juni 2008 sampai 2 Maret 2009

unit/satuan “M” ( month ), akan menghitung jumlah selisih bulan penuh antara dua tanggal …

=DATEDIF(A1;A2;“m”)

akan menghasilkan 20, kenapa ndak 21 … karena untuk bulan terakhir 05/02/2009 sampai 02/03/2009 tidak penuh satu bulan … kalO anda rubah tanggal akhir 05/03/2009 baru deh hasilnya 21

unit/satuan “D” (day ), akan menghitung jumlah selisih hari antara dua tanggal … hasilnya akan sama dengan kalo anda mengurangkan langsung

=DATEDIF(A1;A2;“d”)

akan menghasilkan 636,  hasil ini akan sama dengan kalO anda ketikkan =A2-A1

unit/satuan “MD” ( month-day), akan menghitung jumlah selisih hari antara dua tanggal dengan mengabaikan bulan dan tahun …

=DATEDIF(A1;A2;“md”)

akan menghasilkan 25, hasil ini karena selisih hari dihitung antara tanggal 05/02/2009 sampE 02/03/2009

unit/satuan “YM” ( yaear-month), akan menghitung jumlah selisih bulan penuh antara dua tanggal dengan mengabaikan tahun …

=DATEDIF(A1;A2;“ym”)

akan menghasilkan 8, hasil ini karena selisih bulan dihitung antara tanggal 05/06/2008 sampE 02/03/2009

unit/satuan “YD” ( yaear-date), akan menghitung jumlah selisih hari antara dua tanggal dengan mengabaikan tahun …

=DATEDIF(A1;A2;“yd”)

akan menghasilkan 270, hasil ini karena selisih hari dihitung antara tanggal 05/06/2008 sampE 02/03/2009

tanggal awal dan tanggal akhir dapat juga anda ketikkan secara langsung dalam formula , contoh ;

  • =DATEDIF(A1;A2;“y”) , akan sama dengan
  • =DATEDIF(“05/06/2007″;“02/03/2009″;“y”), bisa juga diketik
  • =DATEDIF(39238;39874;“y”)

untuk mencari umur x tahun y bulan dan z hari … bisa dipakE pormula berikOt :

=DATEDIF(A1;A2;”y”)&” tahun “&DATEDIF(A1;A2;”ym”)&” bulan “&DATEDIF(A1;A2;”md”)&” hari”

hasilnya 1 tahun 8 bulan 25 hari

dengan artikel ini menghitung umur tidak lagi merupakan sebuah formula kompleks … sekiYan dan MDLMD …

  1. 23 Desember 2010 pukul 6:29 pm

    hmmmm… dapat PR lagi aku dirumah…
    Tak coba memahami dulu mas syukron…
    siip..

    • 24 Desember 2010 pukul 4:12 pm

      yang rajin bikin PR nya … biYar raportnya ndak kaya budi santoso :smile:

  2. evil_gw3n
    23 Desember 2010 pukul 10:41 pm

    gimana caranya kalau saya ingin mendapatkan berapa lembar pecahan uang.contohnya….uang 1.321.200 terdiri dari 13 lembah uang 100rban, 1 lembar 20 rban, 1 lembar uang 1rban dan 2 uang 100an…tau ga caranya mas…thx before

    • 24 Desember 2010 pukul 4:09 pm

      saya pernah bikin tabel gaji yang saya rinci pecahannya … gunanya agar saya tahu pecahan apa yang harus saya tukar dan berapa buah… saya pakai fungsi ROUNDOWN dan MOD … apakah yang dimaksud seperti itu???

      • evilGwen
        25 Desember 2010 pukul 8:41 am

        betul mas…saya ingin mengetahui rinci pecahan…gmana yah caranya..thx before

      • 27 Desember 2010 pukul 8:41 am

        semoga minggu ini artikelnya bisa naEk cetak

  3. Oscar
    27 Desember 2010 pukul 8:37 pm

    ok d.thx alot

  4. moqi
    24 Januari 2011 pukul 12:14 pm

    wo.oy thenz mas.. :D

  5. 26 Januari 2011 pukul 5:58 pm

    saya punya file kerja yang bertele-tele seperti ini
    [Sheet Input]
    *Kurir sekarang ada 50 orang, memungkinkan bertambah atau berkurang.Kolom ‘A'(Nomor/id kurir). Kolom ‘B'(nama kurir)
    *kurir mendapatkan Jasa ada 25%, 26%, 28% (tidak merata)disiapkan dikolom ‘DM’
    *setiap hari (kadang beberapa kali dari setiap kurir) saya input data.jdi sy siapkan beberapa baris setiap kurir
    *Data terbagi dari 3 level
    – Level 1 disediakan 100 kolom ‘C:CX’ (masing2 hanya bisa diisi 2 digit angka)
    – Level 2 disediakan 2 kolom “CY:CZ’ (klm.’CY’ hanya bisa diisi 3 digit, CZ 4 digit angka)
    – Level 3 disediakan 12 Kolom ‘DA:DL'(masing2 kolom bisa diisi sampai 5 digit angka)
    *dari setiap level ada 1 kolom yg akan kita tentukan berbonus, jdi saya siapkan kolom:
    ‘DN’–>data kolm berbonus di level 1 akan dikaliakan (nilai Rp… kolom ‘DQ’)
    ‘DO’–>data kolm berbonus di level 2 akan dikaliakan (nilai Rp… kolom ‘DR’)
    ‘DP’–>data kolm berbonus di level 3 akan dikaliakan 10.000
    *Kolom ‘DQ’dan ‘DR’ disiapkan karena tidak seragam pada setiap kurir
    [sheet Hasil]
    *adalah akumulasi data dari setiap kurir jadi 1 baris untuk setiap kurir
    *baris akhir jumlah total data setiap kolom level 1, 2 dan 3 serta Kolom ‘DN’ dan ‘Do’
    [sheet Hitung]
    *Kolom ‘A'(Nomor/id kurir)
    *Kolom ‘B'(nama kurir)
    *Kolom ‘c'(total data per-baris level 1 dan 2 !di sheet Hasil!) dikalikan 1000
    *Kolom ‘d'(total data per-baris level 3 !di sheet Hasil!) dikalikan 1000
    *Kolom ‘E'(hasil jml data di kolom ‘C’ dan ‘D’)
    *Potongan
    – Kolom ‘F'(hasil perkalian data kolom ‘C’ dengan nilai jasa ..% kurir=’DM’!di sheet Hasil!)
    – Kolom ‘G'(hasil perkalian data kolom ‘DM’ dengan data’DQ’!di sheet Hasil!)
    – Kolom ‘H'(hasil perkalian data kolom ‘DN’ dengan data’DR’!di sheet Hasil!)
    – Kolom ‘I'(hasil perkalian data kolom ‘DO’ dengan 1000)
    *Kolom ‘J'(jumlah total kolom ‘F’s/d ‘I’)
    *Kolom ‘K'(selisih dari data kolom ‘E’ dengan ‘J’)

    Mohon bantuannya supaya bisa lebih praktis pake activeX control, macro, atau apalah
    catatan sy orang baru belajar! dari nol tentang xl

  6. me
    13 September 2011 pukul 11:18 am

    saya sudah coba tetapi kenapa tidak bsa yah?

    • 13 September 2011 pukul 1:11 pm

      coba tanda pemisah ” ; ” harus diganti ” ,”

  7. dwi
    15 September 2011 pukul 1:58 pm

    awalnya gak bisa…eh akhirnya mudeng juga…..thanks yooo :D

  8. 22 Oktober 2011 pukul 11:25 pm

    Pak mo nanya kalo, rumus mo hitung tanggal, 20 hari setelah tanggal 02 september 2011? maksudnya jatuh pada tanggal berapa?? rumusnya pake apa ya…

    • 24 Oktober 2011 pukul 9:22 am

      Tinggal ditambahkan aja … hasilnya diformat tanggal :smile:

  9. 14 Januari 2012 pukul 4:06 am

    Slamat pagi mas Syukron,
    Saya tertarik dengan pertanyaan mas Hardhy Mardhany tentang file kerja excel yang bertele-tele. Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya bila mas Syukron berkenan untuk mengirimkan jawaban dari mas Hardhy tersebut. Maturnuwun

  10. 14 Januari 2012 pukul 4:41 pm

    waaah mohon maap filenya belom ketemu

  11. Diah Indriani
    26 Februari 2012 pukul 10:55 pm

    Mohon pencerahannya Bro .. mo ikutan “Ngupink” eh Mlototin dari Mbah Suhu, kata emakku lebih baik terlambat belajar daripada tidak sama sekali .. Tul gk Suhu

  12. nietik
    31 Juli 2012 pukul 10:56 pm

    mas koq saya pke rumus datedif di excel 2010 koq mlah gak ada plihan “datedif” nya??
    itu knp ya mas??
    trus ada cara lain gak selain itu??
    C/o : 8/12/2001 tgl msk kerja
    4/10/2004 kelur keja
    nak saya mau hitung lama kerjanya gi mna ya mas??
    thanks..

  13. A Shiyam
    11 September 2012 pukul 4:01 pm

    di excel 2007 tidak berfungsi

  14. Firman
    16 Oktober 2012 pukul 10:58 am

    di excel 2007 saya juga tidak berfungsi. mohon bantuannya…

    • 16 Oktober 2012 pukul 2:13 pm

      lihat jawaban saya untuk komen sOdara nietik diatas

  15. ugis
    14 Januari 2013 pukul 4:45 pm

    sy coba dateif di excel 2010 tidak bisa

    • 14 Januari 2013 pukul 4:52 pm

      … fungsi ini cukup aneh karena saya ndak menemukannnya dalEm daPtar fungsi2 bawan excel saat saya ceKlik Insert >> Function … silahkan anda coba di excel anda , adakah fungsi ini??? … saya cari di help jugak ndak ada … tapi kenyataanya fungsi ini bisa jalan padahal semua add-in ndak saya aktiPkan …

      ntah kenapa microsoft malu-malu kucing dengan fungsi ini … ada masalah mungkin

      atau coba link ini

  16. reza
    3 September 2013 pukul 7:23 pm

    kooo gua ga bisa yaaa di ms excel 2010

    Muhammad Syukron : iya … memang fungsi yang aneh

  17. toni kusuma
    2 April 2014 pukul 9:25 am

    kagak bisa mas,, dateif(a1;a2,”d”) atau dateif(a1,a2,”d”) juga kagak bisa ne,, tolong bantuanya mas

    Muhammad Syukron : DATEIF coba ubah jadi DATEDIF

  18. 15 September 2014 pukul 9:38 am

    permisi mau tanya kenpa hasil perhitungan datedif saya gunakan bisa tidak sesuai dengan hasilnya ya.seperti berikut contoh dan dan hasilnya. saya mencari masa kerja (thn-bln), kolom A 3/10/199, kolom B 10/10/2006 dan hasilnya menggunakan datedif adalah 9 tahun 0 bulan ini rumusnya DATEDIF(J14,K14,”y”)& “tahun”&DATEDIF(J14,K14,”ym”)& “bulan” yang hasilnya harusnya 9 tahun 7 bulan.ada satu lagi kolom A 20/01/2000, kolom B 5/10/2002 hasilnya adalah 2 tahun 8 bulan ini rumusnya DATEDIF(J7,K7,”y”)& “tahun”&DATEDIF(J7,K7,”ym”)& “bulan” yang hasilnya harusnya 2 tahun 9 bulan. mohon tolong di koreksi jika saya salah jika ada yang tahu mohon diberitahukan. terima kasih.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 428 pengikut lainnya.

