Beranda > Excel > MENGHUBUNGKAN TABEL DENGAN USER FORM

MENGHUBUNGKAN TABEL DENGAN USER FORM

16 Desember 2011

untuk mempermudah melakukan entri data ke dalam tabel biYasanya saya memanfaatkan Form, ada beberapa alternatip bentuk form yang biYasa saya pakE pada Excel … berikOt beberapa cara saya memanpaatkan form yang bisa dibuWat di Excel :

1. pakE WorkSheet Excel

untuk membuWat form pada WorkSheet Excel kita bisa memanpaatkan kontrol2 yang ada dalam toolbar Form Control maupun ActiveX Control. silahkan baca igauan saya ini :wink: :cool:

2. manpaatin Data Form Excel

cara ini palEng mudah dan cepEt, anda ndak perlu repot2 bikinnya, tinggal pilih tabelnya laku ceKlik Data >> Form … form anda akan langsung nongol dan bisa anda gunakan untuk entri data ke tabel, gampang kan :idea: … kelemahan form ini kontrol2nya terbatas ndak bisa kita bikin sesuE kebutuhan kita :sad: … berikut skrinsyutnyah silahkan diliYat

UserForm2

3. pakE MS Excel Dialog

sebenarnya cara Ini agak kurang tepat kalO sOdara pengEn mengubungkan Tabel dengan Form :? … MS Excel Dialog menurut saya malah lebih mirip MessageBox yang bisa ditambahi beberapa jenis kontrol … cara MbuWatnya sOdara tinggal ceKlik kanan pada TabSheet Excel trus pilih Insert … lalu akan nongol form yang berisi beberapa pilihan … pilih MS Excel 5.0 Dialog (punya Sodara mungkin versinya bisa aja laEn) :wink: … dan sOdarapun akan punyaK Form kayaK skrinsyut beriKot

UserForm3

sOdara bisa mengkustom nya dengan menambahkan control2 yang ada pada toolbar form seperti yang ada pada gambar diatas (kotak garis warna hijau)

4. pakE UserForm VBA

cara mbuWatnya masuk ke VB Editor dulu … bisa pake kombinasi Alt + F11, setelah itu ceKlik Insert >> UserForm, sOdara akan mendapatkan penampakan seperti beriKot:

UserForm4

kontrol2 yang bisa sOdara pakE ada pada ToolBox ( dalam kotak garis warna hijau ) … kalO kontrol2 tersebOt maNGsih kurang bisa ditambah lagi … macEm kontrol yang bisa ditambahkan jugaK sangat banyak dan cEm-macEm … Form Jenis ini paling lengkap kalO mau di Kastem sesuE kebutuhan sOdara2 sekaliyan … tinggal darg and drop lalu atur propertiesnya sesuE kebutuhan sOdara

untuk menghubungkan tabel dengan UserForm ada dua cara, yaitu cara pinter dan cara bodo. yang cara pinter saya ndak tahu caranya karena itu saya hanya akan membahas yang cara bodo saja … semoga tidak menjadi sebuWah artikel pembodohan Excel :? :idea: :cool: … sebagE contoh saya pakE tabel beriKot

UserForm5

dari tabel tersebut kita coba bikin UserForm dengan kontrol2 yang kira2 sesuaE … seperti dapat dilihat dalam tabel berikOt

UserForm1

naaaaaaaaaaah … jadinya akan kayak gini

UserForm6

selanjOtnya kita urusin kode2nya … saya kelompokkan menjadi 4 macem … ini suka2 saya sendiri ndak ada acuannya … maklum blajar excel di “jalanan” :wink:

1.  kode2 yang ngurusin UserForm

ada beberapa event yang terjadi pada sebuah UserForm … seperti : Activate, AddControl, BeforeDragOver dst …. sampe event Zoom … yang saya pake ada dua event , yaitu : Activate dan Terminate

2.  kode2 yang ngurusin Kontrol2 yang dipakE

tiap kontrol mempunyai event2 … ada event2 yang sama ada pula event yang khusus dimiliki kontrol tersebut … Contoh : CLick, Change, Scroll, Enter, Exit dll … kode2 ini akan mengatur prosedur2 yang akan dijalankankan saat event tersebut terjadi

3.  kode2 prosedur tambahan

kadangkala ada beberapa prosedur yang akan dijalankan lebih dari satukali … dari pada nulis ulang prosedurnya lebih baik dibikin prosedur tersendiri yang bisa kita panggil sewaktu dibutuhkan … prosedur tambahan ini bisa juga berupa sebuah fungsi seperti fungsi FotoFullName yang akan menghasilkan nama file foto lengkap dengan path direktorinya

4. kode2 yang ngurusin menu

kode ini letaknya di Module ndak di Userform … gunanya untuk membuWat menu yang akan menampilkan Userform saat di klik … bisa pakai ini atau itu … dalam contoh saya pakai ini

kode2 diatas silahkan dipelajari pada contoh file UserForm.xls  … kode2 tersebOt saya sudah kasi terjemahan sederhana silahkan di download filenya UserForm.zip:wink:

semoga manpaat dan MDLMDL :smile:

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 432 pengikut lainnya.

