Berbagi Excel

Halaman ini khusus diperuntukkan bagi :

  1. Siapa saja yang punya pertanyaan tentang MS EXCEL
  2. Siapa saja yang bisa memberikan solusi untuk pertanyaan-pertanyaan disini.

BLOG MDLMDL

BLOG MDLMDL

saya cuman tahu dikit tentang excel … dari yang cuman dikit itu kadang saya bingung apa yang akan saya jadikan artikel dalam blog ini :? … saya ndak bisa bikin artikel secara sitematis … dari yang level pemula sampE intermediate lalu advance …semua mengalir saja …  padahal dalam dunia blog ada pepatah … MENEBAR TULISAN, MENUAI HIT … meskipun jumlah hit yang melambung tinggi bukan tujuWan saya ngeblog … ada kenikmatan tersendiri bagi saya saat dapat membantu orang laEn :cool:

saya sendiri belajar Excel di “jalanan” ndak lIwat kursus atau pakE buku … jagi maap kalO tulisan2 disini agak semrawut dan acak2kan … terus terang untuk membuWat artikel yang rapi dan sistematis saya ndak bisa … lha wong teorinya saya ndak menguwasai :sad:

jadi kalO sOdara2 ada yang menemukan masalah yang berhubungan dengan Excel silahkan sharing di halaman ini … kalO saya bisa kasih solusi nanti akan saya muWat dalam artikel di blog ini … kalO pun saya ndak bisa bantu semoga ada orang laEn yang mbaca masalah anda dan  mau membantu permasalahan sOdara :smile:

Jangan lupa kalO bisa kirim juga file contohnya yang berisi problema de EXCELlente yang mau dipecahkan

salam MDLMDL … Semoga bisa bermanPaat

  1. 12 Mei 2012 pukul 11:41 am

    Assalamu’alaikum…..

    Mas…saya mw tanya ni, mengenai validation data, agar data tidak ganda alias kembar atau sama, kalo pake macro bisa ga???

    terima kasih banyak yah sebelumnya udah ngerepotin

    • 14 Mei 2012 pukul 11:20 am

      Waalaikumsalam …
      kode ini untuk memunculkan message box jika ada nomor lebih dari 1 pada kolom A

      Sub CekDuplikasi()
      Dim JumlahX As Integer
      Dim Nomornya As Integer
      Nomornya = 1
      JumlahX = Application.WorksheetFunction.SumIf(Range("A:A"), Nomornya)
      If JumlahX > 1 Then
      MsgBox "Nomor : " & Nomornya & vbCrLf _
      & "Jumlah : " & JumlahX, vbCritical
      End If
      End Sub

  2. 12 Mei 2012 pukul 11:48 am

    yah justru itu mas, saya udah coba tambahin jadi kayak gini

    sub Unprotect()

    ActiveWorksheet.Unprotect Password:=”00000001″

    End Sub

    eh malah debug

  3. Saep el_Hamdy
    14 Mei 2012 pukul 1:37 pm

    tapi mas, misalkan begini,

    saya membuat form input data siswa dengan No Induk masing2 tentunya, nah ketika saya udah pake yang mas suguhkan itu berlaku cuma untuk angka 1 aja, sedangkan kalau ada angka 2, 3, atw seterusnya yg sama, itu kyk gmna mas???

    contoh, Siswa A yg daftar dengan no Reg (Induk) 1312.7.001, maka siswa B nda Boleh sama no Reg (induknya),, begitu jg dengan siswa C nda boleh sama dengan siswa A ataupun B, dan begitu seterusnya

    maaf lw penjelasannya bikin bingung, maklum org awam….hehehehehe

    tolong di bantu yah????????

    • 14 Mei 2012 pukul 2:19 pm

      type data pada variabel Nomor ganti dengan variant

      dim Nomornya as Variant

      angka 1 diatas hanya contoh isinya silahkan diganti sesuai kebutuhan … misalnya No Reg adalah Textbox1 … bisa pakai kode berikut

      Nomornya = TextBox1.value

  4. 14 Mei 2012 pukul 3:57 pm

    terima kasih banyak banget guruku…..

    ni sangat membantu

    saya harap anda tidak bosan membantu saya……

    sekali lagi terimakasih banyak…….

  5. 14 Mei 2012 pukul 4:39 pm

    mas bro, ternyata tetep ga bisa, ,,saya kasih contoh filenya ja yah

    ni link-nya :

    http://www.4shared.com/file/djsQ7YPz/Input_Database_Siswa.html

    • 15 Mei 2012 pukul 1:57 pm

      Ribet download dari 4shared … ndak bisanya dimana yah :? … sudah saya test kalau ada yang kembar akan muncul peringatan

  6. 15 Mei 2012 pukul 7:25 pm

    Emang sih muncul peringatan, tapi value tersebut tetap masuk kedalam inputan, maksud saya, saya pengen seperti validation data, dengan validation criteria allow : Custon dengan formula Countif(A1:A999;A1)=1

    Ketika data yg di input pada kolom tersebut ganda, maka akan muncul error alert, dan data yg d input td juga tidak bisa masuk pada kolom tersebut,,,,

    Mohon Maaf kalau pertanyaan saya buat mas bingung,

    • 16 Mei 2012 pukul 8:02 am

      coba letakkan kode ini sebelum kode untuk memasukkan data yang ada pada userform ke tabel … dengan kode ini saat jumlah datanya > 0 akan keluar prosedur … jadi prosedur untuk memasukkan data yang ada pada userform ke tabel tidak dijalankan

      '... (code2 sebelumnya jika ada) ...

      Nomornya = TextBox1.Value
      JumlahX = Application.WorksheetFunction.SumIf(Range("A:A"), Nomornya)
      If JumlahX > 0 Then Exit Sub

      '... (code untuk memasukkan data yang ada pada userform ke tabel) ...

  7. 18 Mei 2012 pukul 9:46 am

    assalamu’alaikum mas, makasih yg kemaren,, maaf mw nanya lg ni, klo mw cetak document word dr macro dengan menentukan sendiri printer yg aktif itu gmn??

    makasih sebelum dan sesudahnya

  8. Reda
    25 Mei 2012 pukul 10:43 am

    Assalamu’alaikum…

    Mas, mau nanya ne, pada windows 7 ultimate, saya coba berusaha nambahin component DTPicker, tp kok ga ada dalam list-nya yah, Mas…?

    Terus saya telusuri di references-nya, aku nyari-nyari mscomct2.ocx (klo ga salah ini file yg bertanggung jawab atas tampilnya DTPicker yah Mas..?) kok ga ada juga, aku coba copykan dari windows XP, tetep aja ngumpet ga mau nongol…

    Jadi harus diapain yah, Mas, supaya si “DTPicker” bisa nongol di Windows 7 Ultimte-ku…?

    • 28 Mei 2012 pukul 3:09 pm

      waduh untuk windows 7 saya belOm pernah di windows 7 cuman ada OpenOffice … sharusnya dengan teknik seperti itu bisa tapi biasanya ada sekitar 4 file dengan nama yang sama cuman beda extensinya salah satu extensinya ada .ocx seperti yang sudah sOdara punya itu … coba cari file2 lainnya

  9. Ryan
    28 Mei 2012 pukul 7:29 am

    Ass.. mo tanya ni.. saya punya printer sharing.. setelah saya connect ke komp lain, printernya gak ke baca di excel.. klo dari word ato yg lain bisa.. mohon bantuannya..

    • 28 Mei 2012 pukul 3:11 pm

      seharusnya kalu dari word bisa dari excel jugak bisa … mohon maaf ndak bisa kasih solusinya

  10. 31 Mei 2012 pukul 12:01 pm

    Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh

    Salam sejahtera semoga master selalu sejahtera dan sehat wal afiat.
    Mohon pencerahan, bagaimana cara buat macro untuk VLOOKUP agar berjalan lewat UserForm.

    Matur tengkyu sebelumnya
    Wassalam

  11. 2 Juni 2012 pukul 11:44 am

    Mas…. mau tanya bisa gag menghitung banyak data sesuai dengan warna font? sebagai ada tabel dengan data yang memiliki warna berbeda. warna merah = 1, 3, 5, 7 dan warnabiru = 2, 3, 4, 7 yang disusun secara acak. nah untuk menghitung jumlah data yang berwarna merah saja bagaimana?

    • 5 Juni 2012 pukul 1:57 pm

      wahhh saya belom bisa nihh … mohon maap :sad:

  12. Dion
    4 Juni 2012 pukul 7:11 am

    Halo Mas…. 1)Minta tolong di ajarin buat…. Daftar transaksi harian penjualan barang dalam bentuk form isiaan data yang berisi (Nama pemesan,no urut, kode barang, warna, size, jumlah dan harga) ada tombol tambah, preview, next dan tombol keluar. Tp tiap form isian data tersbut ada daftar pilihan (drop down listx) tsb bertingkat misalx brng A, ada list pilihanx lagi, BrgB ada list lg bgt setrerusx….Atau kalau boleh pada saat kt input data sesuai kode otomatis terisi di form lainx dan data entry tsb bisa di save.
    2) saya juga mau hubungkan tomatis dengan invoice penjualan brng/faktur dan dapat di print masing2 input data tsb sekali print. terimah kasih mas Mohon pencerahan.

  13. hamdy
    12 Juni 2012 pukul 3:52 pm

    mas, saya nongol lg ni, kali ni saya mw nanya bisa ga kalo cell atau range tertentu tidak bisa di input oleh Huruf dan hanya bisa d input oleh nomor atau angka,……….

    makasih atas waktunya udah mw jawab pertanyaan saya…..

    • 14 Juni 2012 pukul 8:57 am

      pakai data validation aja … Allow : whole number … Data : greater than 0 atau sesuai kebutuhan

  14. gusde
    14 Juni 2012 pukul 10:51 pm

    Mas…saya mau tanya…bagaimana syntax macro untuk memberikan nilai pada cell d setiap workheet yg kita buka….tks

    • 15 Juni 2012 pukul 10:16 am

      Masukkan kode berikut pada This WorkBook

      Private Sub Workbook_SheetActivate(ByVal Sh As Object)
      ActiveSheet.Range("A1").Value = 1
      End Sub

      kode tersebut akan memasukkan nilai “1” pada range A1 tiap kali sheet diaktifkan

  15. hamdy
    15 Juni 2012 pukul 10:49 pm

    Terima Kasih Banyak Atas Jawabannya,,,,sangat berguna dan bermanfaat….

    oy, nanya lagi dong,,,,

    Kalo untuk Label ataupun Command Button pada userform saat d tunjuk oleh pointer Mouse akan berubah warna dan muncul efek seperti glow gt..bisa ga???

    • 17 Juni 2012 pukul 1:32 pm

      wah saya belum pernah membuat yang seperti itu … mungkin perlu control khusus

  16. Joko
    25 Juni 2012 pukul 8:22 am

    Asslamaualaikum.. Mas sy mau tanya kok kenapa di excel sy printer printer yg sudah sy install gk mau ke detect, padahal di office bisa ke detect. mohon pencerahannya.

    • 25 Juni 2012 pukul 10:45 am

      kalo aplikasi laen bisa pakai printer itu berarti masalah pada excel sodara … coba di repair atau install ulang

  17. Reda
    2 Juli 2012 pukul 8:12 am

    Assalamu’alaikum…
    Mas kupas tentang pembuatan Progress Bar dong……
    Biar nambah ilmu2 kite neh…

  18. billi
    23 Juli 2012 pukul 4:01 pm

    om mau tanya..
    saya mau buat laporan stok dengan excel
    terus ada yg ngebingungin…
    format yg mau saya bikin terdiri dari 2 sheet, penjualan & stock
    misal di sheet laporan penjualan, dalam satu tanggal ada beberapa pembeli, dari pembeli itu ada 2 orang yg beli satu barang yg sama (misal barang A), nah saya mau pindahin total kuantity brg A yg keluar ini ke sheet stok, formulanya gimana ya om?
    tolong dibantu om. makasih :D

    • 25 Juli 2012 pukul 12:54 pm

      coba pelajari fungsi2 : COUNTIF, SUMIF, DCOUNT, DSUM, SUMPRODUCT … cari di help excel sOdara

      • billi
        25 Juli 2012 pukul 1:01 pm

        thanks om, udah bisa pake sumif :D

  19. Hadianto
    24 Juli 2012 pukul 11:03 am

    Assamualaikum,
    Mas Syukron, selamat berpuasa, Mas saya ada kesulitan, mudah2an mas Syukron dapat membantu saya.

    Kalau menyimpan file dengan cara biasa sih ndak ada masalah, tapi karena saya ingin menyimpan file sekaligus mengganti namanya dengan program macro excel, maka menyimpannya jadi masalah. Kalau tidak keberatan, tolong mas Listing program macro excel untuk menyimpan dengan nama baru (Save As), dapat diajarkan kepada saya.

    Wassalam

    • 25 Juli 2012 pukul 1:03 pm

      coba kode ini

      ActiveWorkbook.SaveAs Filename:="D:\NamaBaru.XLS"

  20. Endra Husbandi
    24 Juli 2012 pukul 8:00 pm

    Ass wr wb,
    Mas syukron kasih informasi kode utk pengisian form input yg telah saya buat, agar setiap saya input terisi di baris B7 C7 D7 E7 F7 H7 dan i7 di sheet “entry data” dan terus bertambah ke baris berikutnya s.d 30 baris yg mau dientry… dan dishett masih yg sama saya mau entry juga di B50 C50 D50 s.d i50 .
    Terimakasih. wasallam.

  21. 25 Juli 2012 pukul 4:08 pm

    Mas syukron, sy melihat ada kayak comment di excell tp ni bukan comment krn ga bisa di edit dan delete comment, apakah itu?

    Thx

  22. rudy
    26 Juli 2012 pukul 5:04 pm

    mas, gimana caranya waktu input form berupa numerik yang awalnya ada angka 0 misal 0818 nah waktu di input tampil di data excell jadi 818, kalau saya coba data excell saya ganti syntax/format data berupa text bukan general sewaktu saya input jika data pernah ada selalu masuk, tetapi jika syntaxnya saya ganti general data bisa terdeteksi sudah ada, trus gimana solusinya ya mas. thx b4

    • 27 Juli 2012 pukul 3:20 pm

      saya dulu jugaK mengalami masalah serupa … akhirnya saya ambil solusi untuk menambahi satu hurup di awal … misal “0818” nanti saya ubah menjadi “N0818″ … jadi data tersimpan sebagai TEXT bukan VALUE … sebenarnya saya sendiri belum puas dengan solusi ini … tapi pengetahuan saya saat ini baru sampe segitu :sad:

  23. arif
    3 Agustus 2012 pukul 4:09 pm

    Mas syukron, kalo fungsi if bertingkat di bikin macro gmn caranya? Misal kita ingin menentukan value 50 apabila poin yg didapat 1-10, value 100 bila poin 10-20, value 200 bila poin 20-30, value 300 bila poin 30-40, dst. Gimana ya rumus macro nya?

    Makasih sebelumnya,
    Blog nya bagus

    • 6 Agustus 2012 pukul 8:58 am

      misal poin ada pada Cell A1
      Sub testIF()
      Dim Poin As Integer
      Dim Hasil As Integer
      Poin = Range("A1").Value
      If Poin <= 10 Then
      Hasil = 50
      GoTo TampilkanHasil
      End If
      If Poin <= 20 Then
      Hasil = 100
      GoTo TampilkanHasil
      End If
      If Poin <= 30 Then
      Hasil = 200
      GoTo TampilkanHasil
      End If
      If Poin <= 40 Then
      Hasil = 300
      GoTo TampilkanHasil
      End If
      TampilkanHasil:
      MsgBox "Poin : " & Poin & " , Hasil : " & Hasil
      End Sub

  24. Budi
    16 Agustus 2012 pukul 11:47 am

    Misal di sebuah folder bernama DATANYA terdapat 100 (seratus) file .xlsx yang mempunyai format identik namun data yang berbeda. Pengertian identik disini, pada tiap file tersebut data No Urut pasti berada di cell A1, data Nama berada di cell A3, dan data Alamat berada di cell A5.
    Maksud saya disini Bagaimana membuat daftar pada sebuah workbook baru yang pada Sheet1-nya, kolom A berisi data No Urut, kolom B berisi data Nama, dan kolom C berisi data Alamat (dengan rumus atau VBA, tentunya) agar tidak perlu membuka dan copy-paste dari tiap file .xlsx tersebut.
    Saya telah mencoba :
    1. Membuat list nama file di folder DATANYA (dengan cmd).
    2. Copy hasil ke baris excel.
    3. Cukup membuka file pertama, dengan mereferensikan (…apalah…), dengan =’[file pertama]!A1…(dan berharap bisa di-copy pastekan ke baris/judul file berikutnya berikutnya).
    4. Ternyata tidak bisa.

    Bagaimana solusinya mas????

    Terima Kasih

  25. Mufan
    31 Agustus 2012 pukul 1:08 pm

    Assalamualaikum…
    Mas bagaimana cara mencari data dengan 2 acuan yang memunculkan 1 hasil,contohnya saya mencari (jabatan dan tempat cuti,maka muncul hasil).kira kira rumus apa yang bisa digunakan? apakah rumusx bisa menggunkan vlookup yang menggabungkan fungsi and?

  26. Mufan
    31 Agustus 2012 pukul 1:38 pm

    Tabel data range referensi

    A B c
    1 Jabatan Tempat Cuti Biaya Cuti
    2 Manager Jakarta 2.000.000
    3 Manager Medan 3.000.000
    4
    5 Inputan Pencarian
    6 Jabatan :xxx
    7 Tempat Cuti :xxx
    8 Biaya Cuti(hasil) :xxx

    saya ingin mencari data diatas dengan menggunakan 2 acuan,yaitu Jabatan dan Tempat Cuti dan hasilnya adlah biaya cuti. misalkan kolom B6 dan B7 adalah acuan pencarian sedangkan kolom B8 adalah hasil. saya menginput Manager pada kolom B6 tp pada kolom B8 hasilnya belum bisa keluar sebelum saya menginput pada kolom B7 yaitu Jakarta, apabila kolom B7 sudah terinput,maka otomotasi hasilnya keluar pada kolom B8 yaitu Biaya Cuti : 2.000.000.

    dalam studi kasus diatas, fungsi pencarian apa yang bisa kita gunakan? soalnya saya sudah menggunakan beberapa fungsi yaitu vlookup,index,match tp tidak bisa.mohon solusinya…

    • 31 Agustus 2012 pukul 3:25 pm

      A | B | C | D
      1 Jabatan-Tempat | Jabatan | Tempat Cuti | Biaya Cuti
      2 =B2&C2 | Manager | Jakarta | 2.000.000
      3 =B3&C3 | Manager | Medan | 3.000.000
      4
      5 Inputan Pencarian
      6 Jabatan | :Manager
      7 Tempat Cuti | :Medan
      8 Biaya Cuti(hasil) | :=VLOOKUP(B6&B7;A2:D3;4;FALSE)

      gut lak :wink:

      • Mufan
        31 Agustus 2012 pukul 4:43 pm

        Mas,dihasilnya muncul error #N/A,,solusinya gimana mas?

      • 3 September 2012 pukul 4:43 pm

        anehh di kompie saya bisa jalan formulanya

  27. 21 September 2012 pukul 10:42 am

    Assalamu’alaiku Mas Syukron, saya mw nanya, kalo mengunci beberapa cell dengan pemanggilan formula seperti VLookup atw yg lain melalui macro bisa nda???

    Makasih yah mas…

    • 21 September 2012 pukul 1:30 pm

      apa yang dimaksud “mengunci” ????? :? … bisa lebih spesifik

  28. Jajang
    25 September 2012 pukul 9:16 am

    Mas saya mau tanya, di file excel saya,ko di mulai dari row 100,,,
    agar terlihat row 1-99 nya gmn ya,,,

    • 25 September 2012 pukul 2:07 pm

      cari di help excel dengan keyword “unhide row” atau “freeze panes”

  29. Himawan
    25 September 2012 pukul 1:20 pm

    saya punya pembukuan excel 2007
    mohon dibantu untuk penyempurnaannya….
    dari header yg bisa drop down…dan lain sebagainya…
    maklum…sy sendiri hanya belajar dari sebuah pengetahuan yg sangat2 dangkal… sekolahpun dulu hanya sampai menengah pertama… namun sesuai dg perkembangan IT.. sayapun berusaha mengganti buku manual dg komputer… ketemulah office excel…

    sejauh ini memang dari 2004-2012 sy gunakan excel sebatas apa yg sy ketahui….. dan apabila ada yg berkenan…sudi untuk membenahi buku adm.excel saya ini… alangkah senangnya saya bisa dibagikan ilmu dari anda semua ini… adapun apabila mungkin… sy bisa mengirimkan file adm.excel ini via email ke saudara… agar bisa saudara lihat detail kekuranganya… adapun pernah sy beli cd sofware seperti myob.. namun dg menyesal sungguh tidak bisa saya kuasai, lalu akhirnya sy kembali dg apa yg saya buat pada excel ini,
    sebelumnya terima kasih banyak atas pertolongan anda mau membantu ini…
    Himawan-Pekalongan
    himawanhmr@rocketmail.com
    085869034000

    • 25 September 2012 pukul 2:17 pm

      silahkan kalau mau disharing

      • Himawan Hmr
        25 September 2012 pukul 6:28 pm

        dilampiran ini adalah Sample Pembukuan saya,, pembukuan sederhana yg saya buat dan jalankan sejak 2004 hingga sekarang. kebetulan saya bekerja pada usaha konveksi yg saya tekuni jauh hari sejak th 1990…setamat Sekolah menengah dulu….  dan hingga akhirnya di awal th 2002 sy berusaha untuk Mandiri….. dan dg pembukuan sy yg sederhana ini…telah banyak membantu meyakinkan Atasan saya di Jakarta. namunpun begitu…saya sadari…ini tidak sempurna… msh ada berbagai kekurangan dan perlu perbaikan sana sini sehingga jadi kian efektif… adapun apabila saudara bisa membenahi dgn sangat senang hati saya berharapkan… adapun ini hanyalah copy dari file yg tetap masih sy jalankan dan update tiap hari selagi bekerja… hasil editing saudara sy tunggu kabar di email sy… sebelumnya Terima kasih akan berbagi ilmunya… salam Himawan

        >________________________________

      • 27 September 2012 pukul 8:10 am

        silahkan kirim filenya … klik gambar gmail pada sidebar … email saya ada disitu

  30. Yanneri
    25 September 2012 pukul 6:40 pm

    Assalamualaikum Wr. Wb
    Mas, saya mau tanya, kemarin saya mencoba membuat file untuk pekerjaan saya di kantor..
    Saya sudah mencoba membuat sebuah template di macro editor excel yang nantinya akan saya gunakan..namun, saya mengalami kesulitan untuk memasukkan kode VB (karena saya sama sekali tidak mengerti mengenai rumus2 dan formula VB)
    Kalau boleh saya minta alamat email Mas, nanti saya kirimkan datanya..
    Terima kasih..
    Waalaikumsalam Wr. Wb

    • 27 September 2012 pukul 8:10 am

      silahkan klik gambar gmail pada sidebar … email saya ada disitu

  31. 6 Oktober 2012 pukul 1:27 am

    Mohon bantuan nya Mas, saya pemula di excel………………blm nemuin formula utk menampilkan data yg kta kehendaki….contoh nii : ada dua kolom A&B, di kolom A (nama orng ) di kolom B data dr kolom A, kolom A ( nama orang gak berurutan, satu nama bs muncul lbh dr satu, kolom B data nya tdk sama, kemudian di tmpat lain sy bkin kolom sebanyak nama orng trsebut, pertanyaannya…………… formula yg dipakek di masing2 kolom nama orng supaya data yg ada di kolom B(tabel 1) bs muncul di tiap2 kolom nama orang, oke lbh jlas nya sy email deh datanya……………thnks bngt

  32. 8 Oktober 2012 pukul 12:57 pm

    Mas sudah bikin form input data siswa (lebih 35 inputan item) bisa saya input dan edit dengan pakai scroll bar, yang saya tanyakan jika mengedit dengan panggil no.id! begitu saya cari no.id data langsung tampil sekaligus bisa di edit dan di save? jadi tidak perlu pakai scroll bar alasan mencari harus urut. mohon petunjuk

  33. 16 Oktober 2012 pukul 12:00 pm

    Mas…saya mw tanya ni, mengenai validation data, agar data tidak ganda alias kembar atau sama pake rumus apa karena perna sy pake rumus =countif($c$9:$k$9,c9)=1 ga mau dech

  34. sandy
    5 November 2012 pukul 10:32 am

    mas, bisa minta no hpnya? please

    • 5 November 2012 pukul 4:12 pm

      kirim saja nomor telepon sOdara ke email saya nanti saya hubungi

  35. ryan
    11 November 2012 pukul 8:57 pm

    mas saya masih pemula saya lagi belajar membuat laporan stock gudang di excel g mana rumusnya
    misalnya :
    colum 1 : nomor colom2 Kode Barang colom3: Nama Barang

    yang saya tanyakan g mana cara buat rumus kode barang saya coba dengan ini tidak mau dia mas =IF(ISBLANK(C4);””;”A1010″) mohon bantuannya

    • 12 November 2012 pukul 8:08 am

      daripada pusing bikin formula , kenapa tidak pakai aplikasi persediaan yang ada disini

  36. cherly
    19 November 2012 pukul 10:40 pm

    om plis minta tolong :)
    cara bikin cell warna otomatis gimana yah???
    misal kalo blank merah, tapi kalo diisi jadi putih/kuning..
    plis yah oom :D

    • 20 November 2012 pukul 10:14 pm

      itu namanya conditional formating … googling aja banyak kok :wink:

  37. 28 November 2012 pukul 3:25 pm

    Mohon bantuannya ma syukron, untuk meredakan kejenuhan saya dengan masalah berikut
    Jika saya membuka file master (pada file lempiran: http://www.ziddu.com/download/20992541/autosaveandrenam.zip.html atau https://www.box.com/s/jyhfe388edwwwkelwk50), terus saya membuka lagi file a, b, dst.setelah file a dan b saya edit terus saya keluar file a dan b tersebut maka otomais tersimpan tapi berganti nama (otomatis) sesuai pada nama yang tertulis di file master pada sheet1 (ane, die, dst).
    Sekian and matur thank’s

    • 29 November 2012 pukul 5:24 pm

      mohon maap belum bisa menjawab masalah sOdara sekarang ini … perkiraan saya sih bisa menggunakan macro namun diperlukan waktu untuk membuatnya

      • 1 Desember 2012 pukul 2:42 pm

        oh ya mas, tp kl bisa mohon di bantu ya, saya jg udah tanya” ke milis excel yahoo group tp blm ada titik terang semoga mas syukron bisa membantu..thank’s

      • 3 Desember 2012 pukul 2:47 pm

        tapi saya ndak berani janji waktunya kapan pak

  38. 3 Desember 2012 pukul 5:17 pm

    o ya ga apa” mas syukron, kapan” kalau sudah jadi kasih tau linknya atau lansung kirim filenya..suwuun

  39. goodlock
    13 Desember 2012 pukul 11:54 am

    Mau tanya + minta tolong mas.. dalam worksheet (Invoice) difile excel sy,ada banyak no.inoice yang dibuat pke formula name manager yang datanya dari worksheet lain dengan menggunakan Vlookup. pertanyaan,gimana caranya sy bisa print all range no.invoice ?? karena saat ini sy harus eksekusi tombol print per satu no.invoice. Terimakasih mas,n tolong segera dibantu ya..

  40. khoirin
    27 Desember 2012 pukul 12:27 pm

    minta alamat emailnya mas…, saya mau tanya lewat email + scren shortnya

  41. khoirin
    27 Desember 2012 pukul 12:28 pm

    minta alamat emailnya mas…, saya mau tanya lewat email, atau kalo saya mau tanya + screnshortnya bagaimana caranya?

  42. Goodluck
    28 Desember 2012 pukul 8:12 am

    ini email sy link83_dd@yahoo.com, screnshortnya ada disini http://www.ziddu.com/download/21212278/invoice_namemanager.rar.html. mohon segera ya mas..mau akhir taun nih. Terimakasih..

  43. Goodluck
    28 Desember 2012 pukul 8:22 am

    Maaf mas,link diatas salah.. ini link yang betul http://www.ziddu.com/download/21212332/invoice_namemanager.rar.html
    Makasih..

    • 28 Desember 2012 pukul 11:18 am

      sayangnya ziddu di blok di tempat saya :sad:

  44. Goodluck
    28 Desember 2012 pukul 1:20 pm

    trus harus diemail screnshortnya kemana mas..pliss..

    • 28 Desember 2012 pukul 4:04 pm

      letakkan pointer pada logo gmail pada sidebar … klik kanan lalu Copy email address

  45. AMUBA
    31 Desember 2012 pukul 9:55 pm

    Asalamualaikum Wr. Wb
    Mas mohon bantuannya gimana cara menghindari data ganda atau kembar dengan menggunakan MACRO,,, sedangkan data yg di input setiap bulan maka Nama dan NO. ID akan berualang kali di input setiap bulan bagaimana menolak data kembar pada satu priode atau dalam bulan yg sama.
    dengan ilustrasi seperti ini. Data yg sudah ada seperti ini, Tanggal di Cel A2 = (1/3/2012), Nama di Cel B2 = (DORAEMON), dan No. ID di Cel C2 = (1234),,,, jika (NAMA) dan (No. ID) sama tetapi (TANGGAL) berbeda dengan data yg sudah di input sebelumnya maka data yg baru bisa di input/diterima,,,, jika TANGGAL dan (NAMA) sama tetapi (No. ID) berbeda dengan data yg sudah di input sebelumnya maka data yg baru bisa di input/diterima, dan apabila TANGGAL, NAMA, NO. ID sama dengan data sebelumnya maka data baru di TOLAK untuk di input
    Makasih banyak sebelumnya atas bantuannya.

    • 2 Januari 2013 pukul 3:54 pm

      entri data pakai Form atau langsung di Cell :?:

      • AMUBA
        2 Januari 2013 pukul 8:41 pm

        entry data langsung d cell mas

      • AMUBA
        10 Januari 2013 pukul 12:52 pm

        mas mohon bantuanya untuk kasus sy, solusinya harus bagimana, agar data tidak dobel dalam 1 priode.
        makasih banyak sebelumnya

  46. che
    5 Januari 2013 pukul 2:23 pm

    program Rapfish yang sy load di Rapfish kok ngk bs jalan muncul pesan paramerer & data error #53 =

    • 7 Januari 2013 pukul 2:59 pm

      saya ndak kenal rapfish :sad:

    • aprilia
      30 September 2013 pukul 10:38 pm

      salam kenal…
      saya ingin menanyakan bagaimana cara untuk mendapatkan program rapfish?
      mohon bantuannya. terima kasih

      Muhammad Syukron : saya malah tidak tahu RAPFISH itu apa :roll:

  47. panca aprilia
    9 Januari 2013 pukul 2:20 am

    Pak Boss, saya udah belajar dari file contoh yang pak boss kasih ( menghubungkan tabel dengan user form), tapi saya masih bingung gimana nentuin baris pertamanya, di contoh file itu, data pertama pasti di baris nomor 2.kalo nentuin kolom nya seeh dah ngarti. tolong dibantu ya pak boss (udah diotak atik tetep mentok, otak belum sampai -.-).please…..

    • 10 Januari 2013 pukul 11:38 am

      baris ditentukan berdasarkan nilai ScrollBar

      • panca
        10 Januari 2013 pukul 1:56 pm

        Pak Boss, dah aku coba otak otik lagi, tapi masih belum ketemu juga neeh cara nentuin value scrollbarr untuk nentuin value baris pertama ada di baris nomor berapa.

        Cara nulisnya atau nambahin nya gimana ya pak boss ke script ini

        Private Sub SBDATA_Change()
        If SBDATA.Value > 1 Then Call ApdetKontrol

        End Sub

        tolong dibantu ya pak boss

      • 14 Januari 2013 pukul 9:15 am

        coba cari kode
        SBDATA.Value = xxxx
        xxxx adalah nomor baris misalkan xxxx= 4 maka data yang akan dipakai adalah data baris ke-4

  48. AMUBA
    10 Januari 2013 pukul 12:46 pm

    mas mohon bantuannya gimana solusi untuk kasus sy untuk menghindari dobel data…
    makasih bayak sebelumnya

    • 10 Januari 2013 pukul 2:06 pm

      coba bikin kolom dummy pada kolom D yang isinya A2&B2&C2… kemudian pada koom E isi dengan formula COUNTIF … kolom E kemudian di CONDITONAL FORMAT saat hasilnya >=2 maka cell diberikan warna yang Mencolok agar mudah diketahui saat ada data dobel … terimakasih

      • AMUBA
        11 Januari 2013 pukul 11:03 pm

        mas mohon maaf mau nanya lagi semoga gk bosen,,,
        kalo menggabungkan Cell di kolom D sekaligus menolak data ganda di colom D secara otematis, tapi menggunkan macro kodenya seperti apa?
        kalo menggunakan formula kawatir erorr karna data yg d entry cukup banyak..
        makasih banyak atas bantuannya

      • 14 Januari 2013 pukul 9:27 am

        sebenarnya ndak perlu macro … bisa pakai DATA VALIDATION … pakai Custom dengan Formula SUMPRODUTC seperti berikut ini
        =SUMPRODUCT(($A$1:$A$10=$A1)*($B$1:$B$10=$B1)*($C$1:$C$10=$C1))=1
        formula tersebut untuk data sampai 10 baris

      • AMUBA
        15 Januari 2013 pukul 12:03 am

        Makasih banyak master bantuannya
        dgn menggunakan SUMPRODUCT bisa menghindari dobel data
        benar” bersukur sy ketemu om Syukron
        hehehe..

  49. che
    13 Januari 2013 pukul 2:48 pm

    program olah data Excel file .xla, lengkap dengan contoh filex cmn klo dtes pakai file contoh ngk jalan = http://www.rapfish.org/

    • 14 Januari 2013 pukul 9:29 am

      coba tanyakan pada yang bikin aplikasinya

  50. lina
    13 Januari 2013 pukul 7:12 pm

    Assalamualaikum Wr. Wb
    mas saya ada download arsip mas judulnya FormControl, file tersebut macronya running. Tapi kalo saya buat sheet sendiri dengan menambahkan button command(macro) lalu mengetik listing di VB tapi setelah di running selalu ada pesan “cannot run the macro. The macro may not available in this workbook or the macro may be disable” padahal aku uda enable macro settingnya…aku juga ud instal SP2 office 2007 tapi tetep gak bisa. Mohon pencerahan.

    Trima kasih sebelummnya

    • 14 Januari 2013 pukul 9:30 am

      kalau macronya dijalankan langsung tanpa melalui Button bisa ndak :?:

Comment pages
  1. No trackbacks yet.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 430 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: